Friday, 30 October 2020 15:18

Tutorial Edit Video MTQ Virtual KORPRI

Written by
Rate this item
(1 Vote)
MTQ Virtual KORPRI MTQ Virtual KORPRI MTQ Virtual KORPRI

Berdasarkan dengan Surat Edaran Nomor : SE-10/KU/X/2020 TENTANG

PETUNJUK TEKNIS PELAKSANAAN MTQ VIRTUAL KORPRI TAHUN 2020.

 

Bahwa Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) V KORPRI Tingkat Nasional Tahun 2020 ditunda pelaksanaannya sampai dengan Tahun 2021, selanjutnya dalam rangkaian HUT ke-49 KORPRI Tahun 2020 pada situasi pandemik COVID-19 saat ini, akan diselenggarakan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) KORPRI secara Virtual.

 

Adapun sebagai Tata Cara Pelaksanaannya, memiliki beberapa persyaratan berikut:

  1. Peserta diwajibkan mengirimkan video rekaman berdasarkan cabang lomba dengan ketentuan durasi rata-rata ±5-10 menit. Waktu pengiriman akan ditentukan oleh panitia kemudian;
  2. Posisi kamera pada saat merekam video dalam posisi landscape (menyamping);
  3. Disarankan menggunakan headset agar mendapatkan kualitas audio video secara maksimal;
  4. Wajib melakukan rekaman video di tempat yang tenang dan tidak ada suara /gambar lain yang masuk ke video;
  5. Pada saat pengambilan rekaman video peserta wajib memakai Pakaian KORPRI Lengkap dan memakai background green screen (layar berlatar hijau) atau warna dasar lain yang memiliki contrast tinggi sehingga mudah diganti dengan background MTQ Virtual KORPRI melalui proses video editing yang akan dilakukan;
  6. Peserta wajib melakukan rekam ulang apabila hasil yang sudah di kirim terdapat cacat audio maupun video. Demi mendapatkan kualitas terbaik saat ditayangkan;
  7. Peserta wajib meng-edit video rekaman penampilannya masing-masing sehingga berlatar belakang MTQ Virtual KORPRI.  Cara melakukan video editing dengan menggunakan ponsel disampaikan di bawah;
  8. Video rekaman peserta dapat di share melalui Google Drive peserta ke alamat This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it., atau dikirim melalui email sebagai attachment ke alamat This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Berdasarkan hal tersebut, mungkin tidak semua peserta paham bagaimana cara untuk dapat meng-edit video agar sesuai dengan syarat panitia.

 

Berikut kami berikan Tutorial Edit Video untuk MTQ Virtual KORPRI hanya dengan Smartphone:

  1. Pertama-tama download aplikasi VN Video Editor pada Google Play Store, klik disini untuk download aplikasi VN Video Editor (DOWNLOAD)
  2. Setelah selesai, Ambil Video melalui Smartphone pada posisi Landscape / Miring.
  3. Untuk mengatur panjangnya durasi video, duplicate foto background sebanyak yang dibutuhkan (1 background untuk 60 detik).
  4. Hapus watermark yg ada di akhir video dengan cara drag kebagian akhir video, lalu click dan tahan hingga muncul pilihan untuk menghapus, dan click hapus/icon trash.
  5. Export dalam bentuk 1080p / Original.

Untuk lebih jelas kami sudah siapkan video tutorialnya dibawah ini:

Demikian tutorial mengedit video untuk keperluan MTQ Virtual KORPRI.

Akhir kata, semoga kita semua selalu dalam lindungan ALLAH SWT dan Salam Sejahtera.

Read 4907 times Last modified on Friday, 06 November 2020 17:32

422 comments

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.