Thursday, 30 January 2020 22:14

Destinasi Wisata Paling Diminati Masyarakat Indonesia pada 2020

Written by
Rate this item
(0 votes)
Pengunjung menerbangkan lampion perdamaian saat perayaan Waisak 2563 BE/2019 di Taman Lubini, Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (19/5/2019). Pelepasan ribuan lampion itu merupakan simbol perdamaian serta menjadi rangkaian perayaan Tri Suci Waisak.(ANTARA FOTO/ANDREAS FITRI ATMOKO) Pengunjung menerbangkan lampion perdamaian saat perayaan Waisak 2563 BE/2019 di Taman Lubini, Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (19/5/2019). Pelepasan ribuan lampion itu merupakan simbol perdamaian serta menjadi rangkaian perayaan Tri Suci Waisak.(ANTARA FOTO/ANDREAS FITRI ATMOKO)

JAKARTA, KOMPAS.com - Agen perjalanan online (OTA) Pegipegi mengadakan survei yang bekerja sama dengan lembaga survei internasional yaitu YouGov.

Survei ini dilakukan kepada lebih dari 2.000 responden yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mengetahui preferensi traveling masyarakat Indonesia pada tahun 2020 yang telah dilakukan pada bulan November 2019.

Salah satu hasil dari survei tersebut, diketahui bahwa delapan dari 10 masyarakat Indonesia memilih untuk traveling pada 2020.

Dalam survei ini, Pegipegi menemukan tiga tipe preferensi destinasi favorit masyarakat Indonesia untuk 2020.

Hasilnya 78 persen responden memilih traveling ke destinasi yang menyajikan pemandangan yang indah, 62 persen memilih untuk traveling ke destinasi dengan biaya yang terjangkau, dan 51 persen memilih untuk traveling ke destinasi yang mempunyai wisata budaya dan warisan sejarah.

Berikut penjelasan mengenai preferensi destinasi wisata mayarakat Indonesia dari Pegipegi.

Pelancong menikmati sunset yang terbenam

Siapa tahu kamu jadi tertarik ke berbagai destinasi wisata ini: Pelancong menikmati sunset yang terbenam(Suparman Sultan)

Malioboro, Yogyakarta

Malioboro, Yogyakarta(Shutterstock)

 

1.Destinasi dengan pemandangan alam yang indah

Destinasi alam lebih banyak diminati oleh responden perempuan.

Kebanyakan dari mereka sudah berkeluarga dan bekerja full time dengan persentase hingga 82 persen.

Pada kategori ini, Raja Ampat, Gunung Bromo, Dieng, Nusa Penida dan Labuan Bajo merupakan lima destinasi dengan pemandangan alam yang paling diminati oleh responden.

Responden menyebutkan tiga alasan utama mengunjungi tempat wisata dengan pemandangan alam yang indah yaitu sebanyak 78 persen ingin menikmati pemandangan alam, 77 persen ingin menghilangkan stress, dan 69 persen ingin menyegarkan pikiran dari rutinitas kerja.

2. Destinasi dengan biaya terjangkau

Sebanyak 70 persen responden perempuan menyukai destinasi dengan biaya terjangkau, dan 72 persen diantaranya berusia 35 - 44 tahun.

Yogyakarta, Bandung, Denpasar, Malang dan Solo merupakan lima destinasi dengan kategori bujet terjangkau yang paling banyak dipilih.

Wisatawan mengunjungi Keraton Yogyakarta, di Yogyakarta, Jumat (5/8/2016).

Wisatawan mengunjungi Keraton Yogyakarta, di Yogyakarta, Jumat (5/8/2016). (KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO)

 

3. Tempat wisata sejarah dan warisan budaya

Tempat wisata sejarah dan warisan budaya paling banyak diminati oleh responden laki-laki dengan persentase sebanyak 53 persen.

Dalam survei ini, Yogyakarta menjadi destinasi favorit pilihan responden karena memiliki banyak tempat wisata sejarah dan warisan budaya.

Berdasarkan survei yang dilakukan, tiga besar destinasi favorit wisata sejarah dan warisan budaya yang diminati oleh traveler meliputi Candi Borobudur sebanyak 62 persen, Candi Prambanan sebanyak 56 persen, dan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat sebanyak 51 persen.

Responden menyebutkan tiga alasan utama mereka memilih tempat wisata sejarah dan warisan budaya untuk bepergian pada tahun 2020 adalah 81 persen ingin mengenal destinasi budaya atau sejarah secara lebih mendalam, 76 persen ingin menambah wawasan kebudayaan atau sejarah, dan 59 persen ingin mempelajari keunikan sebuah daerah.

Sumber : Kompas.com
Penulis : Silvita Agmasari
Editor : Silvita Agmasari

Read 8472 times

1000 comments

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.